Dua jenis minyak yang dipercayai mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh ialah perbedaan minyak zaitun dan minyak kelapa.Kemudian, mana yang benar lebih baik bagi tubuh? Simak penjelasannya dibawah ini.

Perbedaan Minyak Zaitun Dan Minyak Kelapa

1.Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Minyak yang jenis ini diambil dari buah zaitun. Sekitar kurang lebih 24 persen minyak zaitun terdiri dari beberapa  lemak jenuh, omega 6  dan juga asam lemak omega 3. Selain hal itu, minyak zaitun juga terdapat kaya akan asam oleat yang dipercaya bisa kurangi peradangan.

Anda dapat rasakan manfaatnya dengan konsumsi dua sendok makan setiap hari. Minyak zaitun juga bisa berguna sebagai menumis ataupun memanggang. Tetapi, akan lebih baik jika langsung digunakan di makanan, tanpa lewati proses memasak, contohnya campurkan dengan salad.

2.Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Minyak kelapa terdapat dari dua jenis, yaitu minyak kelapa yang murni (VCO) dan minyak kelapa yang olahan. VCO diambil menggunakan teknik cold-pressed tanpa libatkan adanya panas, baik panasnya dari kompor ataupun matahari.
Sedangkan minyak kelapa olahan diambil dari olah daging kelapa yang dikeringkan dan butuh proses pemurnian yang begitu panjang. Tetapi, karena lewati proses yang begitu panjang, terdapat antioksidan dan fenol yang bagus untuk tubuh akan hilang.
Minyak kelapa terkandung sekitar 85% lemak jenuh yang terdapat asam laurat. Di mana asam laurat berperan untuk penunjang pertumbuhan probiotik pada dalam saluran pencernaan dan berperan lawan bakteri jahat.

Kandungan Lemak pada Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun

Manfaat dari minyak zaitun dan minyak kelapa telah tidak diragukan lagi. Kedua minyak ini mempunyai kandungan lemak baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Tetapi, manakah yang lebih bagus di antara keduanya?

Beberapa hasil tunjukkan bahwa minyak zaitun mempunyai kandungan lemak bagus yang jauh lebih tinggi berbanding dengan minyak kelapa.

Untuk perbandingan, minyak zaitun mempunyai kandungan lemak bagus 10 kali lipat lebih tinggi berbanding dengan minyak kelapa. Selain hal itu, minyak zaitun simpan lemak jenuh yang lebih sedikit berbandingkan dengan minyak kelapa.

Seperti yang sudah Anda mengetahui, bahwa lemak jenuh ialah lemak jahat dan bisa bahaya untuk kesehatan jantung. Dengan hal kata lain, minyak zaitun ternyata lebih aman dikonsumsi sebagai keseharian berbanding dari minyak kelapa.

Baca Juga:Hasil Produksi Olahan Kelapa Dan Pembuatan Kopra Putih

Manfaat Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Minyak kelapa dan minyak zaitun sebetulnya mempunyai kandungan yang mirip, tetapi gunakan takaran yang berbeda, khususnya pada saturated dan monosaturated fatty acids.

Konsumsi asupan dengan kandungan yang ada lemak tak jenuh, yaitu salah satunya monosaturated fats, bisa bantu turunkan risiko sakit jantung berbanding dari makanan yang tinggi lemak jenuh dan juga lemak trans.

Sementara, yang terdapat saturated fats bisa tingkatkan kolesterol jahat atau dapat disebut LDL (low-density lipoprotein) pada dalam darah. Hal ini yang bisa tingkatkan risiko untuk penyakit jantung.

Walaupun manfaat minyak zaitun  itu begitu baik bagi kesehatan, Anda jangan kecilkan peran pada minyak kelapa. Terdapat antioksidan pada minyak kelapa bermanfaat cegah rongga pembuluh darah yang semakin sempit.

Minyak kelapa mempunyai sekitar kurang lebih 85 persen lemak jenuh yang terkandung asam laurat. Asam laurat berperan untuk tunjang pertumbuhan probiotik pada dalam saluran pencernaan dan berperan juga lawan bakteri jahat.

Itulah beberapa perbedaan minyak zaitun dan minyak kelapa dan dalam penggolahan bisa menggunakan mesin pembuat minyak dan deep fryer.Semoga bisa bermanfaat.

Categories: Bisnis