Resep Ayam Tepung Krispi, Ingin bisa memasak sendiri ayam goreng renyah di rumah di restoran cepat saji? Saya mau share resep ayam goreng crispy atau kriuk bikinan sendiri yang bisa kamu tiru. Bukan hanya cara memasaknya yang mudah, namun bumbunya juga bisa lebih praktis berkat kehadiran Chicken Broth Royco.

Ada beberapa faktor penting dalam keberhasilan memasak ayam goreng renyah dan juicy yang biasa Anda nikmati di restoran cepat saji.

1. Setelah dibumbui, diamkan minimal 20 menit agar bumbu meresap ke dalam potongan ayam.

2. Mencelupkan ayam yang sudah dilapisi tepung dengan mesin penepung diksmill serbaguna ke dalam air es berfungsi untuk membentuk kerak tepung di bagian luar.

3. Gunakan api sedang saat memanggang ayam untuk memastikan dagingnya matang ke dalam. Jika Anda baru akan mengangkat, besarkan api sebentar agar lebih renyah.

4. Sebelum disajikan, tiriskan ayam yang renyah agar tidak basah karena terlalu berminyak. Anda kemudian dapat menggunakan kertas roti atau kertas dapur sebagai saluran pembuangan.

5. Jika ingin proses memasak lebih singkat, Anda bisa membagi ayam menjadi 12 atau 16 bagian. Mereka lebih kecil, tetapi waktu memasak lebih singkat dan Anda mendapatkan lapisan yang lebih renyah.

Tidak hanya ayam goreng renyah buatan sendiri ini enak sebagai lauk, juga asyik disajikan sebagai camilan bersama teman dan keluarga.

Sejarah Ayam Tepung Atau Fried Chiken

Sejarah Ayam Tepung Sejarah ayam tepung tidak lepas dari perlombaan dan eksploitasi budak kulit hitam di Amerika Serikat. Menurut penulis Amerika John T. Edge dan Psyche Williams-Forson yang bermula dari Atlantik, asal muasal ayam tepung belum diketahui pasti, entah itu berasal dari budak Afrika atau dari orang keturunan selatan asal Eropa.

Diketahui bahwa orang Afrika Barat secara tradisional menggoreng makanan dengan minyak panas. Sedangkan ayam goreng yang kita kenal sekarang ini berasal dari Amerika Serikat bagian selatan. Orang-orang di Amerika Serikat telah memasak dan menjual ayam goreng setidaknya selama 150 tahun.

Yang paling awal dilakukan oleh perempuan kulit hitam yang baru dibebaskan dari perbudakan setelah Deklarasi Emansipasi 1863. Mereka menggunakan ketrampilan menggoreng ayam sebagai modal usaha untuk menghidupi diri dan keluarganya. Karena saat itu tidak banyak pekerjaan bagi orang kulit hitam yang bebas dari perbudakan.

Dari pertengahan abad ke-18 hingga Deklarasi Emansipasi, hidangan seperti ayam goreng bisa dibilang adalah spesialisasi dari juru masak kulit hitam yang diperbudak. Mereka menggabungkan tradisi kuliner Afrika Barat dengan tradisi penduduk asli Amerika Utara dan penguasa kolonial Eropa.

Pada awal abad ke-19, Mary Randolph putih bertabur bintang menulis buku masak untuk koki hitam resep ayam goreng. Ini membuat ayam goreng semakin populer.Namun popularitas ayam goreng tidak berdampak baik bagi orang kulit hitam atau Afro-Amerika setelah mereka bebas dari perbudakan.

Adrian Miller menyebutkan dalam bukunya Soul Food: The Surprising Tale of an American Kitchen Plate by Plate bahwa orang Afrika-Amerika digambarkan dalam iklan, kartu pos, koran, dan selebaran sebagai pencuri ayam dan konsumen ayam tepung. Sayangnya, gambaran dan stereotipe ini bertahan hingga hari ini. Jadi jangan heran jika Anda pergi ke USA.

Masih banyak warga Afrika Amerika yang menolak makan ayam goreng di depan umum.Terlepas dari tema rasisme, ayam goreng selalu mendapat tempat di zaman Afrika Amerika. Selama Migrasi Hebat, migrasi besar-besaran orang Afrika-Amerika ke selatan ke utara dan barat ayam goreng adalah ransum mereka.

Orang Afrika-Amerika telah ditolak oleh banyak tempat penampungan sehingga mereka bisa beristirahat selama perjalanan. Mereka banyak memasak ayam goreng dan makan saat lapar selama perjalanan, padahal makanan sudah dingin. Sesampai di tempat tujuan dan membangun pemukiman, ayam goreng tersedia sebagai sajian istimewa setelah mereka pulang dari gereja.

Resep Ayam Tepung Krispi

Bahan-bahan:

  • 6-7 potong ayam (cuci bersih kemidia kerat ayam)
  • 1 buah jeruk nipis

Bumbu Halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 3 cm kunyit (kunyit bubuk)
  • Garam, merica, kaldu bubuk
  • Air dingin secukupnya(saya benerapa blok es batu)

BAHAN KERING :

  • 10 sdm terigu
  • 3 sdm maizena
  • Merica bubuk, kaldu bubuk,kunyit bubuk
  • BAHAN LAIN :
  • Minyak banyak untuk menggoreng

Resep Ayam Tepung Krispi:

1. Haluskan bumbu halus. Kemudian cuci ayam yang sudah direndam oleh air jeruk nipis hingga bersih. Kemudian kikis kulitnya. Tutupi dengan bumbu halus. Biarkan di dalam lemari es setidaknya selama 30 menit agar bumbu dapat masuk

2. Siapkan bahan tepung (bahan kering). Campur bersama. Menyisihkan. Ambil ayam yang mendapat kumbang halus dan diamkan di lemari es, beri air dingin (milik saya adalah beberapa balok es batu) dan aduk hingga es batu meleleh.

3. Lalu masukkan ayam ke dalam adonan kering. Kemudian kocok untuk menambahkan agar adonan menjadi lembab tempat ayam direndam. Cibit cibit ayam, masukkan kembali ke dalam adonan kering, lalu dikibaskan (saya hanya lakukan dua kali agar tepung tidak terlalu lengket jika terlalu kental dan keras). Lakukan hingga ayam habis.

4. Goreng ayam dengan minyak yang banyak sampai ayam terendam dengan api kecil (biar ayam garing ya). Coklat keemasan sangrai. Melayani. Enak dan pastinya renyah

Sekian Pembahasan mengenai artikel resep ayam tepung krispi semoga artikel ini bisa membantu anda dan juga bisa mengisnpirasu anda semua untuk mencoba membuatnya di rumah. Selamat mencoba!!

Categories: Bisnis