Halo teman – teman! Pada kali ini saya akan membagikan sesuatu yang spesial yaitu resep masak udang lobster asam pedas manis yang spesial dan tentunya sangat menggugah selera. Saya juga bakalan membahas beberapa hal mengenai udang lobster asam pedas manis, jadi pastikan kalian simak artikelnya sampai habis ya, langsung aja scroll kebawah!

 

Udang Lobster Asam Pedas Manis

Udang lobster asam pedas manis adalah kuliner seafood yang berbahan dasar udang lobster yang direbus kemudian dimasak lagi bersama saus asam pedas manis. Makanan ini menjadi salah satu hidangan yang cukup mewah di Indonesia.

Walaupun tergolong makanan yang cukup mewah karena harganya yang relatif mahal, tetapi banyak orang yang rela merogoh kocek demi menikmati udang lobster asam pedas manis ini. Makanan ini biasanya dapat kalian jumpai di tempat makan di pesisir pantai atau di resto – resto seafood tetepi cenderung lebih mahal.

Meskipun digadang sebagai makanan mewah, tetapi ada hal unik mengenai udang lobster. Pada abad 17 negara – negara kolonial menganggap udang lobster adalah simbol dari kemiskinan dan hanya dimakan oleh para pelayan. Namun karena berbagai inovasi masakan dan penggunaan rempah – rempah, udang lobster berhasil menjadi seafood nomor 1 didunia

Banyak orang yang menggemari makanan ini bukan hanya karena kenikmatannya tetapi karena kandungan nutrisi udang lobster yang berlimpah. Kandungan nutrisi diantaranya adalah fosfor, seng, magnesium vitamin B12, vitamin E, tinggi protein, dan sedikit omega – 3.

Untuk manfaatnya diantara lain adalah tinggi protein untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Selanjutnya adalah menjaga kesehatan otak, mencegah kanker prostat, menjaga sistem daya tahan tubuh, mendukung kesehatan tulang, dan menunjang kesehatan tiroid.

 

Resep Masak Udang Lobster Asam Pedas Manis

Cara membuat udang lobster asam pedas manis tidak sulit tapi tidak mudah juga. Jika kalian sampai salah dalam mengolahnya, bisa – bisa hasil tidak maksimal atau bahkan gagal. Ada beberap hal yang harus kalian perhatikan dalam membuat udang lobster pedas manis.

Yang pertama adalah pemilihan bahan, pastikan kalian memilih bahan yang segar terutama lobsternya. Hal ini dikarenakan lobster memiliki proses dekomposisi atau pembusukan yang lebih cepat daripada udang atau kepiting. Jadi harus segera cepat – cepat diolah dan tidak bisa kita simpan di kulkas.

Yang kedua adalah cara membersihkannya. Cara membersihkan lobster adalah dengan cara menusuk bagian kepala, jika sudah tembus langsung lanjutkan dengan membelah bagian punggung dengan cepat. Kemudian cuci dan rendam dengan perasan jeruk nipis dan taburan garam selama 15 menit lalu di cuci kembali.

Kemudian adalah mempersiapkan peraltan yang akan digunakan untuk mengolah lobster. Diantaranya pisau tajam untuk membelah lobster dan memotong bahan dan bumbu, ulekkan atau penggiling bumbu dapur untuk menghaluskan bumbu, wajan untuk menumis dan memasak udang, panci untuk merebus udang, dan piring saji untuk mennyajikan.

Kalau sudah hal – hal diatas sudah diperhatikan dan disiapkan. Sekarang kita akan menuju resep dan bahan – bahannya.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Udang lobster karang (350 gr)
  • Kunyit (1/2 ruas kelingking)
  • Bawang merah (6 siung)
  • Bawang putih (3 siung)
  • Saus kikoman (1/2 sendok makan)
  • Tomat ukuran sedang (1 buah)
  • Jahe (1/4 ruas kelingking)
  • Vinegar atau minyak apel (1/2 sendok makan)
  • Cabe merah (4 buah)
  • Kecap (secukupnya)
  • Gula pasir (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Lada hitam (secukupnya)
  • Saus tomat dan saus extra pedas (secukupnya)
  • Muncang (1 buah)
  • Daun salam (1 lembar)
  • Sereh (1 buah)
  • Daun kedongdong (3 lembar)

Cara membuat :

  1. Bersihkan bagian lobster dengan membelah bagian tengah kepala ke punggung belakang dan cuci dengan air mengalir, kemudian rendam dalam air perasan jeruk nipis dan garam selama 15 menit, kalau sudah cuci lagi.
  2. Sambil menunggu rendaman, haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit sampai halus.
  3. Selanjutnya panaskan minyak sedikit saja di wajan, tuangkan bumbu yang dihaluskan tadi dan tumis sampai harum.
  4. Masukkan udang dan sedikit air, lalu masukkan vinegar, lada hitam ,gula pasir, saus tomat, saus extra pedas, saus kikoman, dan kecap.
  5. Kemudian tambahkan daun salam, daun sereh, dan daun kedongdong, tunggu sampai layu, kemudian masukkan cabe merah dan tomat yang di iris iris.
  6. Tunggu sekitar 5 menit kemudian angkat dan singkirkan daun salam, sereh dan kedondong.
  7. Sajikan diatas piring saji dan udang lobster pedas manis pun siap untuk disantap, jangan lupa memberi garnish untuk mempercantik tampilan.

Nah sekarang kalian bisa membuat udang lobster pedas manis kalian sendiri di rumah atau bisa kalian variasikan sendiri mungkin. Kalian juga bisa untuk membuat masakan serupa dengan membaca Cara Memasak Udang Pedas Manis Anti Gagal.

Baiklah cukup sampai disini dulu untuk artikel “Resep Masak Udang Lobster Asam Pedas Manis yang Nikmat dan Spesial”, jangan lupa juga mengunjungi artikel lainnya, sampai jumpa di artikel selanjutya, ciao!

Categories: Bisnis