Hai sohib-sohib sekalian semuanya, pada artikel serta kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada sobat semuanya resep nasi goreng mawut yang pastinya ga bakal semrawut, dengan langkah-langkah pembuatan yang mudah. So sohib-sohib sekalian tidak perlu khawatir jika tidak bisa mengikutinya.

Eitsss, tapi sebelum ke pembahasan yang utama, saya ingin sedikit mengulik dan juga membahas tentang seputaran nasi goreng mawut supaya sohib-sohib sekalian semuanya bisa lebih mengenal lebih dalam tentang makanan ini.

Langsung saja tanpa perlu ada lagi kata serta banyak basa-basi lagi, berikut pembahasan mengenai nasi goreng mawutnya.

Nasi Goreng Mawut

Diantara sohib sekalian pasti beberapa masih ada yang bingung, sebenarnya beda nasi goreng biasa dengan nasi goreng mawut ini?. Ternyata nasi goreng biasa berbeda loh dengan nasi goreng mawut. Nasi goreng mawut ini pada basicnya yakni nasi goreng yang dicampur secara bersamaan dengan mi goreng.

Pastinya sohib-sohib sekalian sudah bisa dong membayangkan nikmat serta lezatnya nasi goreng saat disandingkan bersamaan dengan mie goreng? nasi goreng aja sudah enak ditambah lagi minya, jadi dua kali lipat lebih enak dong pastinya, hehehe.

Nasi goreng mawut ini pasalnya juga dikenal oleh orang-orang dengan sebutan Magelangan karena banyak yang dari orang tersebut mempercayai bahwasannya hidangan ini berasal dan asli diciptakan dari daerah Magelang.

Meskipun demikian, hidangan ini sebenarnya tidak mempunyai asal usul yang pasti. Tetapi terdapat hanya satu hal yang sudah pasti, yakni nasi goreng mawut ini ialah menggunakan bumbu yang mirip dengan nasi goreng Jawa yang pastinya bisa memastikan bahwasannya hidangan ini berasal dari daerah Jawa.

Resep Nasi Goreng Mawut

Setelah tadi saya sudah membahas tentang hal seputaran nasi goreng mawut itu sendiri bersamaan dengan sohib-sohib sekalian, sekarang ini saya akan langsung masuk ke pembahasan resep nasi goreng mawut.

Pastinya dengan langkah-langkah membuat nasi goreng mawut ini mudah untuk diikuti, supaya nantinya sohib-sohib sekalian bisa mengikuti langkah-langkahnya serta juga menikmati nasi goreng mawutnya dirumah kalian masing-masing.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata serta banyak basa-basi lagi, berikut pembahasan cara pembuatan nasi goreng mawutnya.

Bahan-bahan :

  • Nasi
  • 1 buah mie instan (bebas menggunakan merk apapun, kalian juga bisa menggunakan mi telur)
  • Kecap manis (bebas menggunakan merk apapun)
  • 1 telur
  • Cabai (bisa digunakan atau tidak karena opsional sesuai tingkat kepedasan yang diinginkan)
  • Bakso (secukupnya sesuai selera serta potong kecil-kecil)
  • Sosis (secukupnya sesuai selera serta potong kecil-kecil)
  • Bawang putih (dicincang)
  • Sayuran (boleh pakai caisim ataupun sawi)
  • saus tiram (bebas menggunakan merk apapun)
  • Garam (secukupnya)

Tahapan Cara Pembuatan :

  1. Hal pertama yang perlu sohib sekalian lakukan yakni memasak mie instan yang telah kalian semua siapkan sebelumnya (lakukan juga tahapan yang sama meskipun kalian menggunakan mie telur).
  2. Setelah mie kalian matang, kalian bisa mengangkat mi dan dilanjutkan dengan mentiriskan. Kemudian sohib-sohib sekalian bisa melanjutkan ke pembuatan telur orak-arik atau telur usek-usek terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, sohib sekalian bisa melanjutkan dengan menambahkan nasi yang sudah disiapkan sebelumnya dan dilanjutkan dengan mencampurnya bersamaan dengan telur orak-arik tadi yang sebelumnya sudah dibuat.
  4. Setelah sekiranya tercampur, kalian bisa lanjutkan dengan memasukkan bakso serta juga sosis yang sudah di persiapkan sebelumnya kemudian dilanjutkan dengan mengaduknya lagi sampai semuanya hingga semuanya tercampur dengan merata.
  5. Setelah sekiranya semuanya sudah tercampur dengan merata. Kalian bisa melanjutkan dengan menambahkan kecap asin, garam serta bumbu mi instan (jika kalian menggunakan mi instan) lalu dilanjutkan dengan mengaduk kembali sampai semua bahan tadi tercampur dengan merata.
  6. Selanjutnya, kalian bisa melanjutkannya dengan memasukkan sayur-sayuran yang sebelumnya sudah disiapkan tadi, selain itu, kalian juga perlu untuk memastikan sayuran yang akan digunakan nantinya telah dicuci sebelumnya sampai bersih.
  7. Kemudian, sohib sekalian bisa lanjutkan dengan menambahkan daun bawang serta saus tiram yang sudah disiapkan sebelumnya, setelah itu dilanjutkan dengan mengaduk lagi hingga semuanya tercampur merata.
  8. Setelah sekiranya tercampur sampai semuanya merata, kalian bisa mengangkatnya serta disajikan. Kalian juga bisa menambahkan bawang goreng diatasnya agar terasa lebih nikmat.

Itulah tadi artikel mengenai resep nasi goreng mawut, saya harap di artikel kali ini bisa bermanfaat serta berguna buat sohib sekalian semuanya yang sedang tertarik dengan nasi goreng mawut.

Kalian juga jangan lupa baca artikel lainnya yang ada di website ini ya!, See u at another time guys !.