Apakah anda sedang mecari resep cara membuat sambal bawang goeng kering? Cara membuatnya tidak mudah dan juga tidak susah. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, nggak lengkap rasanya bila makan tanpa menggunakan sambal. Ada berbagai jenis macam sambal, mulai dari sambal merah sampai sambal hijau, ada juga sambal basah dan juga kering.

Di Indonesia,sambal tersedia dalam berbagai jenis macam. Bisa dikatakan bahwa tersedia ratusan jenis sambal yang bisa kita temukan dan juga bisa kita buat sendiri dirumah. Mulai dari sambal goreng, sambal mentah dan sambal kering. Banyak sekali kreasi sambal khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu yang populer sambal kering bawang yakni perpaduan cabai dan juga irisan bawang. Rasa gurih dan pedas mendominasi keseluruhan pada rasa.

Berikut adalah resep membuat sambal bawang goreng kering.

Bahan :

  • 250 gr bawang merah
  • 75 gr bawang putih
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa
  • Bon cabe (jika suka pedas)

Cara Membuat Sambal Bawang Goreng Kering Rumahan :

  1. Pertama, iris bawang merah . Setelah itu semuanya di iris tipis lalu di cincang halus pakai pisau
  2. Lalu goreng bawang merah hingga menjadi matang, goreng bawang merah sampai menjadi kecoklatan. Goreng juga bawang putih juga digoreng hingga matang garing, berwarna kecoklatan kemudian di tiriskan
  3. setelah itu campur bawang merah goreng dan bawang putih goreng. lalu tambahkan kaldu penyedap rasa, bon cabe. aduk hingga merata.
  4. Simpan di wadah tertutup rapat, sambal bawang goreng kering siap disajikan.

Bahan :

  •  1/4 kilogram cabai merah
  •  10 cabai rawit
  •  2 sachet terasi
  •  4 butir kemiri
  •  5 siung bawang merah
  •  5 siung bawang putih
  •  1/2 sdm garam
  •  Bawang goreng secukupnya
  •  Minyak secukupnya
  •  Ebi secukupnya
  •  Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Sambal Bawang Goreng Kering :

  1. Pertama ambil blender terlebih dahulu. lalu campurkan semua bahan kecuali bawang goreng, garam, penyedap rasa ke dalam blender.
  2. Kemudian haluskan hingga semua bahan tercampur. lalu angkat dan sisihkan.
  3. Setelah itu siapkan wajan dengan api kecil, lalu tumis bahan halus hingga kering. Sambil diaduk tambahkan penyedap rasa dan garam secukupnya. Terus aduk hingga kering. lalu angkat.
  4. Kemudian tuang sambal kering ke wadah saji dan dinginkan.
  5. Jika sudah, campurkan dengan bawang goreng dan diaduk.
  6. Sambal kering bawang siap disajikan.

Dan Juga ada manfaat cabai pada kesehatan tubuh. Yuk kita simak berikut ini.

Manfaat Cabai Bagi Kesehatan Tubuh :

  1. Meringankan rasa sakit
  2. Untuk menurunkan berat badan
  3. Memelihara kesehatan pencernaan

Orang-orang mengira bahwa makan cabai tidak baik untuk pencernaan kita. Padahal, selama tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, cabai memiliki manfaat untuk kesehatan pada pencernaan, lho!

Ketika capsaicin masuk ke dalam pencernaan, saraf-saraf yang ada di saluran pencernaan akan menjadi menghasilkan anandamide.

Anandamide adalah senyawa kimia yang membantu mengurangi inflamasi alias peradangan, termasuk yang sering terjadi akibat tukak lambung serta penyakit Crohn.

4. Manfaat cabai untuk menjaga kadar gula darah

Bagi Anda yang mengidap diabetes, cabai juga memberikan manfaat berupa menjaga kadar gula darah pada tubuh kita.

Sekali lagi, ini berkat kandungan capsaicin yang terdapat yang ada di dalam cabai. Sebuah studi dari Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa capsaicin berpotensi menurunkan kadar gula darah kita.

Tak hanya itu, capsaicin bersifat antidiabetik dan dipercaya memberi efek positif bila dikonsumsi oleh pasien diabetes tipe 1.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Dengan kandungan vitamin B6, asam folat, kalium, dan beta-karoten yang terdapat pada cabai, Anda juga dapat terhindar dari serangan jantung.

Vitamin B juga dapat bisa mengurangi kadar homosistein. Tingginya kadar homosistein dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke dan juga  serangan jantung.

6. Menurunkan risiko kanker

Manfaat selanjutnya dari cabai yang bisa Anda peroleh adalah untuk penurunan risiko kanker.

Ini karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalam cabai, beberapa di antaranya adalah vitamin C, lutein, dan beta-karoten.

Antioksidan telah terbukti mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas juga. Nah, salah satu pemicu kanker adalah paparan radikal bebas yang sudah berlebihan.

7. Melancarkan pernapasan

Cabai dapat membantu melebarkan saluran napas di paru-paru sehingga punya manfaat bagi Anda yang mempunyai penyakit asma.

Vitamin A pada cabai juga bisa menurunkan risiko radang paru-paru yang terjadi akibat merokok juga. Hal ini dikarenakan asap rokok mengandung benzopyrene yang menghancurkan vitamin A dalam tubuh kita.

8. Manfaat cabai untuk kesehatan mata

Manfaat lain yang tak kalah menarik dari cabai adalah membantu menjaga kesehatan pada mata.

Ini berkat kandungan lutein yang ada di dalam cabai, terutama cabai hijau yang sering Anda jumpai pada saat makan gorengan.

Nah, lutein dalam cabai ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan mata akibat penuaan, yaitu seperti katarak dan juga degenerasi makula.

Itulah tadi 8 manfaat cabai untuk kesehatan pada tubuh Anda. Bagi Anda yang kurang suka makanan pedas, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mengonsumsi cabai banyak banyak atau secukupnya saja.

Memang, tak semua orang bisa dan boleh memakan cabai. Kandungan nutrisi yang ada di dalam cabai bisa Anda temukan juga di bahan makanan lain, seperti paprika atau juga tomat.

Nah, topik pembahasan kali adalah resep membuat sambal bawang goreng kering. Jika anda ingin mencoba membuatnya maka anda bisa menggunakan Mesin Pengupas Bawang untuk mengupas bawang agar menjadi cepat. Sambal bawang goreng kering ini bisa jadi peluang usaha anda juga loh. Kalian bisa mencari mesin pengupas bawang ini di Rumah Mesin agar lebih tau detailnya dan juga harganya. Dan pastinya dengan harga yang terjangkau.