resep sate telur puyuh dan cara pembuatannya

Resep sate telur puyuh dan cara pembuatannya – Sate telur puyuh sering disajikan sebagai lauk dengan Soto Boyolali, Soto Semarang, Soto Kudus, dll. Sate ini juga dapat ditemukan di menu Angkringan, sehingga cukup mudah ditemukan di antara menu lainnya.

Rasanya yang gurih dan rasanya yang manis membuatnya cukup digemari di semua kalangan, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Setiap 50 gram telur puyuh mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Jika Anda mengonsumsi 5 butir dalam satu kali makan, ini setara dengan sebutir telur ayam.

Jika mengkonsumsi sesuai takaran angka kecukupan gizi anda serta tidak berlebihan, maka anda akan mendapatkan banyak manfaat dari sate telur puyuh ini. Berikut ini adalah resep sate telur puyuh dan cara pembuatannya, anda bisa mengganti telur ayam biasa jika tidak suka atau enggan makan telur puyuh.

Baca Juga : Budidaya dan Cara Menanam Pinang Sederhana dan Mudah

Resep sate telur puyuh dan cara pembuatannya

Bahan:

  • 25 buah telur puyuh, rebus, kupas (atau sesuai selera)
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh gula merah
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 300 ml air
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk tumisan

Bumbu halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar

Cara memasak sate telur puyuh

Setelah bahan beserta bumbu halus telah dipersiapkan, selanjutnya adalah memasak semua bahan, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukkan kecap. Aduk semua bahan sampai merata.
  2. Tambahkan telur puyuh yang telah disiapkan, aduk – aduk sampai semua permukaan telur puyuh berbalut bumbu.
  3. Bubuhi dengan garam, gula merah yang telah diiris dan merica bubuk secara bersamaan, kemudian aduk sampai merata
  4. Tuangkan air secara bertahap sambil diaduk sampai semua bumbu meresap dan aromanya wangi.
  5. Angkat dan dinginkan.
  6. Susun telur yang sudah dimasak kemudian tusuk secara berurutan dengan posisi yang sama.
  7. Sajikan beserta sajian makanan inti lainnya.

Tusuk sate telur puyuh anda satu per satu dan taruh di piring agar bisa menyantapnya bersama keluarga dan sajikan selagi hangat. Jangan lupa tambahkan sejumput bawang goreng di atasnya untuk menambah cita rasa pada sajian ini.

Artikel menarik lain yang mungkin anda suka Begini Cara Pengolahan Kopra Putih yang Perlu Anda Ketahui

Varian Rasa Dari Sate Telur Puyuh

resep sate telur puyuh dan cara pembuatannya

Mengapa sate digoreng? Ini adalah pertanyaan yang terlintas di benak Anda ketika pertama kali mendengar tentang telur puyuh goreng. Ya, sate telur puyuh mungkin adalah telur puyuh yang direbus, dikupas, ditusuk dan aneka bumbu. Hal ini wajar, karena telur puyuh banyak beredar di lingkungan kita.

Yang satu ini sedikit berbeda dengan yang kita kenal sate telur puyuh. Sate telur puyuh ini dibuat berbeda dengan sate telur puyuh yang dimasak menggunakan wajan khusus yang juga bisa digunakan sebagai cetakan.

Untuk mencetak telur puyuh digunakan penggorengan dengan bentuk khusus. Sebelum meletakkan telur satu per satu, pasang tusukan sate ke tempat tusuk sate. Panaskan wajan dengan api sedang sampai panas.

Tempatkan telur puyuh di mesin sate telur puyuh dan masak perlahan. Masak telur hingga bagian bawahnya keras, lalu balikkan telur agar matang merata. Untuk menambah cita rasa, sate telur puyuh juga disajikan dengan saus spesial.

Tuangkan saus merah (bisa saus tomat/cabai) di atas sate jika sudah matang. Tidak ada kemasan atau wadah khusus, dan sate telur puyuh goreng yang baru matang dan langsung diberikan ke pembeli, dan langsung bisa disantap.

Bagaimana resep sate telur puyuh yang kami uraikan ini sederhana bukan? Semoga Anda dapat dengan mudah dan mudah menyiapkan resep ini di rumah.

Selanjutnya artikel yang mungkin anda suka Cara Membuat Brown Boba Sendiri di Rumah