Travel ke Jogja atau aktifitas jalan jalan berlibur mendatangi kota dengan sejuta destinasi wisata sungguh menyenangkan, apalagi bila aktifitas tersebut dilakukan secara bersama sama.

pasar beringharjo jogja nalatra.com

Mendengar istilah Jogja maka sebagian dari kita akan terfokus pada destinasi wisata, kulineran, budaya dan tentu saja fashion. Kota Jogja identik denga fashion khas jawa yang populer dengan sebutan batik. Sekalipun tak sulit kita menemukan kain batik di semua sudut kota jogja namun ada baiknya anda terlebih dahulu mendatangi Pasar Beringharjo di pusat kota.

Dalam beberapa dekade terakhir, Pasar Beringharjo lekat dengan pusat atau sentra oleh oleh khas jogja yang di dominasi oleh kain batik Bila wisatawan yang berkunjung ke jogja belum sempurna bila tidak membeli oleh oleh dari pasar ini.

Pasar Beringharjo buka mulai pagi hingga malam, namun bagi pedagang tertentu hanya membuka kios pada singa hari saja. Terlbih di era new normal saat ini, pedagang yang menjajakan barang daganan mereka hingga larut malam sedikit berkurang.

Dalam sejarahnya, Pasar Beringharjo merupakan awal dan urat nadi perkembangan ekonomi di wilayah yogya dan sekitarnya. Status yang diemban sebagai pasar tertua menjadikan pasar ini sungguh memiliki daya tarik bagi wisatawan. Selapa berada di pasar ini, Para pengunjung tidak hanya bisa membeli produk fashion. anda dapat pula membeli kebutuhan sehari hari mulai dari perabot hingga bumbu dapur.

Pemberian nama Beringharjo yang dalam bahasa indonesia bermakna hutan pohon lantaran ada beberapa cerita yang melatar belakangi penamaan tersebut. Konon, dahulu kala di area ini terdapat pohon besar yang tumbuh dengan mayoritas tumbuhan yang tumbuh subur adalah pohon beringin.

Selain tumbuh subur, rata rata pohon beringin di tempat ini memiliki daun yang lebat. Karakteristik pohon beringin yang kuat dan mengayomi lingkungan sekitarnya menghilhami penamaan pasar yang dari dulu hingga kini memiliki peranan penting bagi provinsi DI Yogyakarta.

Anda yang hobi dengan aktifitas tawar menawar, inilah momen anda mengekspresikan kemampuan anda dalam menawar setiap barang yang ditawarkan pedagang Pasar Beringharjo. Secara umum, barang yang dijual oleh pedagang disini memiliki harga jual yang terjangkau.

Bagi anda warga JABODETABEK yang hendak mengunjungi pasar beringharjo jogja jangan lupa untuk menghubungi travel nalatra.

 

Categories: Wisata