ESP atau kepanjangan dari ENHANCED SMART POWER merupakan rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda.

Teknologi eSP ini akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara.

Rekomendasi : kredit motor honda

 

KOMPONEN YANG TERDAPAT PADA TEKNOLOGI ESP

1. ACG STARTER


ACG STARTER merupakan teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System).

  1. OFFSET CYLINDER



OFFSET CYLINDER berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.

 

  1. ROLLER- TYPE ROCKER ARM

ROLLER TYPE ROCKER ARM menggunakan Shell type Needle Bearing sebagai sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup.



4. SPINNY SLEEVE


SPINNY SLEEVE menggunakan Tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya


5. SQUISH

 SQUISH berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat.

 

  1. TUMBLE

TUMBLE berfungsi agar penyebaran bahan bakar yang merata dan menjadikan pembakaran lebih baik.




TEKNOLOGI PENDUKUNG MESIN ESP

  1. Teknologi PGM-FI

Yaitu sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi kontrol secara elektronik sehingga pemakaian bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan.

  1. Teknologi CBS
    Yaitu dengan menarik tuas rem kiri maka rem belakang dan depan dapat berfungsi dengan optimal dan bersamaan.
  1. Teknologi ISS
    Yaitu teknologi yang dirancang untuk mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi diam. ISS akan mematikan secara otomatis dan menyalakan mesin kembali hanya dengan memutar  sedikit tuas gas.
Categories: Otomotif