Arsitektur adalah bidang keilmuan yang memadukan kemampuan seni dan teknologi untuk merancang desain bangunan yang artistik. Oleh karenanya seorang arsitek dituntut untuk terus mengembangkan kemampuannya dalam berfikir dan tekun ketika menangani setiap detail desain.

 

Pada dasarnya peran semua jasa arsitek serupa dan sama, hanya saja segmen pasar dan spesialisasinya yang menjadi pembeda. Maka dari itu, pada arstikel ini perlu Anda ketahui 5 jenis arsitek dan bidang pekerjaannya seperti yang penulis terangkan di bawah ini.

macam-macam jenis arsitek

Jenis Arsitek dan Bidang Pekerjaannya

1. Jasa Arsitek Bidang Desain Industri

Arsitek jenis ini biasanya lebih fokus pada tipe bangunan industry dengan target pengembangan rencana desain dengan mengacu pada struktur bangunan, ukuran, besaran serta batas-batas lainnya yang bersifat baku. Oleh karenanya arsitek jenis ini dituntut untuk memperbanyak pengetahuan struktur dan mutu bangunan.

2. Jenis Arsitek Bidang Desain Hunian

Sesuai dengan namanya arsitek jenis ini lebih berkonsentrasi pada proyek pembangunan rumah, gedung apartemen serta hunian lainnya. Bidang keilmuan ini terbilang lebih sulit sebab biasanya para pemilik rumah memiliki kriteria khusus agar desain rumahnya nampak estetis dan unik.

 

3. Jasa Arsitek Bidang Desain Komersial

Proyek garapan arsitek jenis ini biasanya mengacu pada desain bangunan tipe komersial, tempat perbelanjaan, gedung kantoran, rumah sakit, hotel serta sarana-sarana publik pemerintahan lainnya. Sekala proyeknya yang terbilang besar membuat arsitek jenis ini membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan setiap detail bangunan.

jenis arsitek dan pekerjaannya

4. Jasa Arsitek Bidang Desain Pertamanan/ Lansekap

Bidang keilmuan yang dipelajari oleh arsitek jenis ini akan berhubungan dengan lingkungan luar bangunan seperti kebun, taman, tumbuhan dll. Arsitek jenis ini biasanya lebih memperdalam ilmu tata letak daerah luar yang estetis dan nyaman bagi masyarakat.

 

5. Jasa Arsitek Bidang Desain Green

Jenis arsitek yang kerap dijuluki arsitek lingkungan ini menerapkan desain bangunan dengan pendekatan ramah lingkungan guna mencegah peningkatan global dan polusi. Salah satu caranya adalah dengan memilih material dasar yang tak dapat merusak lingkungan.

 

Demikianlah 5 jenis arsitek dan bidang pekerjaannya yang bisa kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan lebih bisa memahami ragam jenis arsitek. Terima kasih.

 

arsitek