Cukup disayangkan ketika ada beberapa daerah yang dinyatakan sebagai daerah miskin. Bukan karena tingkat ekonominya yang rendah melainkan karena ketersediaan toilet sehat tidak terpenuhi.

Ada anggapan membuat toilet itu tidak perlu bagus. Itu memang benar. Yang penting adalah toilet sehat. Dan membuat toilet yang sehat tidak harus selalu bagus dan menghabiskan banyak uang.

baca juga: salon kamar mandi jakarta selatan

Yang pasti, toilet yang sehat itu menentukan kesehatan keluarga. Karena toilet ini sangat menentukan kondisi kesehatan mengingat banyak penyakit yang muncul dari kondisi toilet yang kurang sehat.

Lalu, seperti apa ciri-ciri toilet sehat?

  1. Adanya Ventilasi Udara

Sama seperti kamar lainnya. Harus ada ventilasi udara di toilet. Ventilasi ini memiliki setidaknya dua fungsi. Yang pertama, agar toilet tidak lembab. Pasalnya, kelembaban yang tinggi menyebabkan mudahnya muncul jamur di kamar mandi. Akibatnya, kamar mandi mudah kotor.

Fungsi yang kedua, ventilasi memastikan sirkulasi udara selalu dalam kondisi baik. Ini mencegah penyakit lho, terutama TB dan juga infeksi di saluran pernafasan lainnya.

 baca juga: sedot tungau jakarta

  1. Air Cukup

Toilet bersih harus dilengkapi dengan air yang cukup. Makanya, bak air harus cukup besar. Dan pastikan air selalu ada di WC.

 

  1. Lubang Toilet Jauh dari Air

Kenapa lubang toilet tidak boleh berdekatan dengan air? Karena dikhawatirkan air kotor dari lubang bisa mengkontaminasi air yang bersih. Terutama ketika WC disiram. Cipratan air kotor dari lubang tidak boleh masuk ke air yang bersih.

Selain jaraknya yang jauh, sebaiknya bak air bersih juga dibuat tinggi. Ini juga mencegah agar air yang bersih tidak terkontaminasi.

 

  1. Septik Tank

Toilet yang sehat harus dilengkapi dengan septik tank. Bukan justru kotoran langsung dialirkan ke selokan. Jelas ini tidak sehat dan bahkan justru membahayakan kesehatan keluarga sendiri dan juga lingkungan.

Setidaknya ada dua lubang septik tank. Yang pertama lubang untuk penghancur. Lubang yang kedua untuk peresapan.

Itulah beberapa syarat toilet yang sehat. Tentu saja tidak hanya syarat itu saja yang harus dipenuhi tapi kebersihan juga harus terjaga. Bersihkan toilet dua kali setiap minggu. Jika diperlukan, Anda bisa panggil jasa salon toilet ketika kotoran di WC sudah membekas, menguning, dan sulit untuk dihilangkan.