Dijaman sekarang kalian bisa bebas berekspresi di mana pun. Hampir Dirumah-rumah, diperkotaan, didesa, maupun di Indonesia semuanya sudah dialiri arus listrik. Kalian bisa menikmati indahnya dunia terang dunia dan kalian bisa menikmati saat-saat menonton televise, melihat terangnya lampu, men charge handphone dan menggunakannya, menggunakan kulkas kalian bisa meminum minuman dingin disaat kamu sedang dahaga, menggunakan rice cooker, mesin cuci, dan microwave, oven dengan arus listrik ini karena semua itu sudah terhubung oleh trafo sehingga kamu bisa menikmati semua fasilitas semua itu. Dan semua itu berasal dari perusahaan listrik yaitu PLN. Tegangan yang dihasilkan oleh PLN Pada umumnya dapat mencapai puluhan hingga ratuasan kilo volt dan kemuadia diturunkan menjadi 220V .

Yuk lebih kenal lagi apa itu trafo pengertian dan system kerjanya. Berikut ini:

PENGERTIAN TRAFO

Trasformator atau sering kita sebut trafo adalah suatu alat yang dapat menyambungkan satu aliran listrik ke berbagai aliran. Yang dimaskud menyambungkan adalah sebuah aliran yang mampu ketika disambungkan tidak hanya satu titik tapi berbagai banyak titik.transformator atau trafo ini bekerja pada tegangan yang bolak-balik seperti input dan output jadi apa yang dimasukan pasti ada pengeluaran. Dan trafo sangat penting peranannya yaitu dalam pendistribusian tenaga listrik. Dan pada umumnya setiap rumah maupun perkantoran rata-rata menggunakan AC 220V.

SISTEM KERJA TRAFO

Pada dasarnya transformator/trafo terdiri dari 2 lilitan atau kumparan kawat yang terisolasi. Jadi antara primer dan sekunder harus di isolasi karena sifat tegangannya adalah AC bolak balik maka akan menimbulkan magnet listrik. Kumparan magnet listrik biasanya dipengaruhi oleh besarnya arus listrik yang dialirinya. Semakin besar listrik semakin besar pula medan magnetnya. Dengan demikian, terjadilah pengubahan taraf tegangan listrik baik dari tegangan rendah menjadi tegangan yang lebih tinggi maupun dari tegangan tinggi menjadi tegangan yang rendah. Dengan demikian, terjadilah pengubahan taraf tegangan listrik baik dari tegangan rendah menjadi tegangan yang lebih tinggi maupun dari tegangan tinggi menjadi tegangan yang rendah.

Jadi system kerjanya simple adalah sebuah trafo menyalurkan sebuah aliran yang disebut aliran elektro magnet yang akan memunculkan sebuah sinyal atau sambungan taraf yang demikian . sedangkan Inti besi pada Transformator atau Trafo pada umumnya adalah kumpulan lempengan-lempengan besi tipis yang terisolasi dan ditempel berlapis-lapis dengan kegunaanya untuk mempermudah jalannya Fluks Magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik kumparan serta untuk mengurangi suhu panas yang ditimbulkan.

RANGKAIAN SERI

Rangkaian seri adalah rangkaian alat/komponen listrik yang disusun secara berurut, disebut juga rangkaian berderet.

Rangkaian seri tidak memiliki percabangan. Dengan kata lain, rangkaian seri adalah rangkaian yang arus listriknya mengalir hanya pada satu jalur. Dan biasanya rangkaian ini hanya digunakan satu arus saja tidak bisa bercabang

RANGKAIAN PARALEL

rangkaian paralel adalah rangkaian alat-alat listrik yang disusun/dihubungkan secara berjajar atau bercabang. Rangkaian paralel terbentuk terbentuk bila semua masukan komponen berasal dari sumber yang sama.

Konfigurasi ini membuat rangkaian paralel memiliki lebih dari satu jalur arus atau membentuk percabangan di antara kutub-kutub sumber arus listrik.

Demikian penjelasan saya tentang pengertian trafo dan system kerjanya bahwasannya trafo ternyata sangat penting bagi aktifitas kita sehari-hari. Semoga penjelasan saya berguna dan membawa manfaat bagi semuanya. Terima kasih.

Categories: Umum